^ Back to Top

WhatsHelp Chat Button

Cuaca Musim Haji dan Umroh

Cuaca Musim Haji dan Umroh

Jeddah.
Jeddah terletak di kawasan pantai sebelah barat.

Januari – Maret. Dalam bulan Januari sampai Maret rata-rata suhu minimum antara 17 dan 19 oC, rata-rata suhu maksimum antara 28 dan 32 oC ; dalam bulan Maret pada suatu saat dapat mencapai 38 oC. Hari ada hujan paling banyak 2 hari pada bulan Januari dengan banyaknya curah hujan rata-rata sekitar 10 mm (bandingkan dengan di Indonesia yang banyaknya hari hujan paling rendah 5 dan banyaknya hujan tiap bulannya lebih dari 60 mm).

April – Juni. Dalam bulan April suhu udara mulai naik; sampai dengan bulan Juni rata-rata suhu minimum antara 24 dan 26 oC, suhu maksimum antara 34 dan 38 oC tertnggi 47 oC dapat terjadi dalam bulan Juni. Curah hujan makin sedikit; paling banyak hanya sekali ada hujan setiap bulannya dan banyaknya curah hujan kurang dari 2 mm setiap bulannya.

Juli – September. Bulan Juli sampai September adalah bulan paling panas. Rata-rata suhu minimum antara 26 – 28 oC, dan rata-rata suhu maksimum mencapai 37 – 40 oC dengan tertinggi sekitar 42 oC. Curah hujan sangat sedikit dan hampir tidak pernah ada hujan .

Oktober – Desember. Bulan Oktober suhu udara mulai turun sampai terrendah dalam bulan Desember. Dalam bulan Oktober rata-rata suhu minimum sekitar 24 oC dan terus turun sampai sekitar 20 oC di dalam bulan Desember. Rata-rata suhu maksimum turun dari sekitar 34 oC sampai sekitar 30 oC. Hujan mulai banyak dan paling banyak dibandingkan dengan curah hujan dalam bulan-bulan lainnya. Dalam bulan Nopember dan Desember dua sampai 3 hari ada hujan dengan banyaknya curah hujan dapat mencapai sekitar 30 mm dalam sebulan.

Makkah:
Makkah yang terletak di sebelah timur dari Jeddah agak jauh dari pantai sehingga lebih panas dibandingkan di Jeddah.

Januari – Maret . Dari bulan Januari sampai Maret rata-rata suhu minimum antara 18 dan 21 oC, rata-rata suhu maksimum antara 30 dan 35 oC, dengan tertinggi 42 oC pada bulan Maret; tetapi hujan lebih banyak. Hari ada hujan 2 sampai 4 hari dan banyaknya curah hujan sebulan sekitar 6 sampai 20 mm.Bulan Januari adalah yang paling banyak curah hujannya.

April – Juni. Seperti halnya di Jeddah, dari bulan April suhu udara mulai naik sampai rata-rata suhu minimum antara 24 dan 28 oC, dan rata-rata suhu maksimum antara 38 dan 44 oC. Curah hujan berkurang dengan paling banyak dalam bulan April. Dalam bulan April satu sampai dua kali ada hujan setiap bulannya dan dengan banyaknya curah hujan kurang dari 10 mm dalam sebulan.

Juli – September. Bulan Juli – September adalah bulan paling panas. Rata-rata suhu minimum antara 28 – 29 oC, dan rata-rata suhu maksimum mencapai 42 – 43 oC. Tetapi curah hujan masih sering terjadi meskipun sedikit jumlahnya. Rata-rata 2 sampai 3 hari ada hujan dengan banyaknya curah hujan antara 2 dan 7 mm per bulan. .

Oktober – Desember. Bulan Oktober suhu udara mulai turun sampai terrendah dalam bulan Desember. Dalam bulan Oktober rata-rata suhu minimum sekitar 25 oC dan terus turun sampai sekitar 20 oC di dalam bulan Desember. Rata-rata suhu maksimum turun dari sekitar 40 oC sampai sekitar 32 oC. Hujan mulai banyak dan paling banyak dibandingkan dengan curah hujan dalam bulan-bulan lainnya. Dalam bulan Nopember dan Desember 3 sampai 5 hari ada hujan dengan banyaknya curah hujuan dapat mencapai sekitar 26 mm dalam sebulan.

Maddinah :
Maddinah terletak di sebelah utara sekitar 600 km dari Makkah dan dari permukaan laut lebih tinggi dibandingkan ketinggian Makkah. Meskipun juga masih panas tetapi lebih dingin dibandingkan Makkah, sedangkan curah hujannya lebih sedikit

Januari – Maret . Dari bulan Januari sampai Maret rata-rata suhu minimum antara 11 dan 17 oC, dan rata-rata suhu maksimum antara 23 dan 30 oC. Hari ada hujan 2 sampai 4 hari dan banyaknya curah hujan sebulan sekitar 4 sampai 13 mm.Bulan Maret adalah yang paling banyak curah hujannya.

April – Juni. Seperti halnya di Jeddah dan Makkah, rata-rata suhu udara mulai naik sampai rata-rata suhu minimum antara 20 dan 28 oC, dan rata-rata suhu maksimum antara 34 dan 43 oC. Curah hujan berkurang tetapi dalam bulan April masih agak banyak, dengan 4 hari ada hujan setiap bulannya dan banyaknya curah hujan sekitar 15 mm dalam sebulan. Hujan makin kurang di bulan berikutnya.

Juli – September. Bulan Juli sampai September adalah bulan paling panas. Rata-rata suhu minimum antara 28 – 30 oC, dan rata-rata suhu maksimum mencapai 42 – 43 oC; tertinggi 48 oC dapat terjadi dalam bulan Juli . Tetapi curah hujan masih sering terjadi meskipun banyaknya curah hujan sedikit. Rata-rata 1 sampai 2 hari ada hujan dengan banyaknya curah hujan kurang dari 4 mm per bulan. .

Oktober – Desember. Bulan Oktober suhu udara mulai turun sampai terrendah dalam bulan Desember. Dalam bulan Oktober rata-rata suhu minimum sekitar 23 oC, dan terus turun sampai sekitar 13 oC di dalam bulan Desember. Rata-rata suhu maksimum turun dari sekitar 37 oC di bulan Oktober sampai sekitar 25 oC di bulan Desember. Hujan mulai banyak dan paling banyak dalam bulan Nopember. Dalam bulan Nopember 3 sampai 5 hari ada hujan dengan banyaknya curah hujan dapat mencapai sekitar 16 mm dalam sebulan. Dalam bulan lainnya hari hujan sekitar 1 sampai 2 kali dengan banyaknya curah hujan antara 5 mm dan 9 mm per bulan.

Ryadh :
Riyadh terletak di tengah jazirah Arab dan terletak di bagian utara Arab Saudi. Tempatnya di sekitar gurun pasir tetapi pada dataran tinggi.

Januari – Maret . Dari Januari sampai Maret rata-rata suhu minimum antara 8 dan 15 oC, dan rata-rata suhu maksimum antara 20 dan 27 oC; tetapi pada suatu saat dapat mencapai 38 oC. Hujan agak banyak antara 6 sampai 30 mm per bulan dengan hari hujan 4 sampai 11 hari .Bulan Maret adalah yang paling banyak curah hujannya.

April – Juni. Seperti halnya di Jeddah dan Makkah, rata-rata suhu udara mulai naik sampai rata-rata suhu minimum antara 19 dan 28 oC, dan rata-rata suhu maksimum antara 32 dan 43 oC. Curah hujan berkurang dengan paling banyak dalam bulan April dengan 11 hari ada hujan setiap bulannya dengan banyaknya curah hujan sekitar 24 mm per bulan. Hujan makin kurang di bulan berikutnya.

Juli – September. Bulan Juli sampai September adalah bulan paling panas. Rata-rata suhu minimum antara 26 – 29 oC, dan rata-rata suhu maksimum mencapai 40 – 44 oC; tertinggi 48 oC dapat terjadi dalam bulan Juli . Curah hujan sangat sedikit dan bahkan sampai tidak ada hujan.

Oktober – Desember. Bulan Oktober suhu udara mulai turun sampai terrendah dalam bulan Desember. Dalam bulan Oktober rata-rata suhu minimum sekitar 21 oC, dan terus turun sampai sekitar 10 oC di dalam bulan Desember. Rata-rata suhu maksimum turun dari sekitar 35 oC di bulan Oktober sampai sekitar 21 oC di bulan Desember tetapi pada suatu saat masih dapat mencapai 35 sampai 45 oC. Hujan mulai banyak dan paling banyak dalam bulan Desember.