^ Back to Top

WhatsHelp Chat Button

Tentang Umroh dan Haji

Menunaikan ibadah Umrah & Haji sepertinya merupakan dambaan bagi semua kaum muslim. Menunaikan ibadah haji merupakan salah satu dari kewajiban umat muslim dalam menunaikan rukun Islam. Semua orang muslim wajib menunaikan ibadah haji jika mampu; jika seorang muslim belum mampu menunaikan ibadah haji namun ingin mengunjungi tanah suci maka ia dapat menunaikan ibadah umrah. Ibadah umrah dilaksanakan di tanah suci dan berupa beberapa kegiatan ibadah yang secara syariah berupa melakukan Tawaf mengelilingi Ka’bah di Masjidil Haram dan melakukan lari – lari kecil dari Shofa dan Marwah atau disebut sebagai Sa’i. Seseorang yang menjalankan ibadah umrah juga mengenakan ihram seperti yang dipakai dalam ibadah haji. Beberapa ulama menyebut ibadah umrah sebagai haji kecil karena kegiatan yang dilaksanakan selama umrah merupakan sebagian dari kegiatan ibadah haji.

Perbedaan Umrah & Haji

Ada beberapa perbedaan antara Umrah & Haji yang sangat mendasar dan membedakan nilai ibadah dari keduanya. Haji merupakan ibadah wajib bagi mereka yang mampu sedangkan seorang muslim tidak diwajibkan untuk melaksanakan umrah. Salah satu perbedaan yang mendasar dari ibadah haji dan umrah adalah waktu dan tempat. Ibadah umrah dapat dilakukan sewaktu – waktu. Tidak ada batasan hari dan bulan dalam satu tahun dimana seseorang dapat melakukan ibadah umrah. Sedangkan seseorang hanya punya waktu antara tanggal 8 hingga 12 Dzulhijjah untuk melaksanakan ibadah haji. Perbedaan lain adalah tempat pelaksanaan ibadah; umrah dilaksanakan hanya di Mekkah sedangkan ibadah haji dilaksanakan hingga di luar Mekkah. Ibadah umrah tidak memasukkan kegiatan wukuf di Arafah dan juga tidak bermalam di Muzdalifah. Adapun kegiatan ibadah dalam rangkaian ibadah haji lainnya yang tidak termasuk dalam kegiatan umrah adalah melempar jumrah. Ada beberapa jenis ibadah umrah yang tidak menjadi bagian dari pelaksanaan ibadah haji tamattu seperti umrah Mufradah, umrah Tamattu dan Umrah Sunah.

Syarat Wajib Umrah & Haji

Ada beberapa syarat wajib serta rukun ibadah Umrah & Haji bagi setiap muslim yang akan melaksanakan ibadah tersebut. Pada dasarnya, untuk mengerjakan umrah seseorang harus memenuhi syarat seperti melaksanakan ibadah haji. Adapun rukun untuk melaksanakan ibadah umrah meliputi ihram, tawaf, sai, tahalul dan tertib. Sedangkan wajib umrah berupa memulai memakai ihram dari miqat. Seseorang yang akan melaksakan ibadah umrah dianjurkan atau disunahkan untuk melakukan janabah atau mandi besar sebelum memakai ihram. Ihram adalah pakaian khusus yang harus dikenakan seorang muslim pada saat menunaikan ibadah umrah ataupun haji. Kain ihram terdiri dari dua lembar kain yang digunakan sebagai sarung dan selendang; sedangkan pakaian bagi wanita adalah pakaian tanpa hiasan yang menutup aurat serta tidak diperkenankan memakai penutup wajah atau cadar dan penutup tangan atau sarung tangan. Seseorang yang akan melaksanakan ibadah diwajibkan membaca niat ibadah.

Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Indonesia memiliki populasi penduduk beragam Islam hingga sekitar 805 dari seluruh populasi penduduk. Saat ini, kesadaran dan kemampuan kaum muslim di Indonesia untuk menunaikan ibadah Umrah & Haji telah semakin tinggi yang ditandai dengan panjangnya antrian untuk menunaikan ibadah haji serta banyaknya kaum muslim yang melaksanakan ibadah umrah sebelum mendapatkan giliran untuk menunaikan ibadah haji. Memilih biro perjalanan dan bimbingan ibadah umrah maupun haji harus dilakukan dengan selektif guna mendapatkan kualitas bimbingan dan pelayanan ibadah yang khusyu’, nyaman dan maksimal.